Program Studi Sarjana Terapan

Pencarian

Berita Terdahulu

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 8
  • 7
  • 70,256
  • 35,584

Sosialisasi Anti Bullying: Bersama Lawan Bullying untuk Lingkungan Sekolah yang Lebih Aman

Kamis, 30 November 2023 – Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, Prodi Humas & Komunikasi Digital Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Bersama SMP dan SMA Kapin Jakarta Timur secara resmi mengadakan Sosialisasi Anti-Bullying:  Bersama Lawan Bullying untuk Lingkungan Sekolah yang Lebih Aman.

Melda Hutaheyan, selaku Kepala Sekolah SMP Kapin, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa sebagian besar siswanya belum sepenuhnya teredukasi mengenai bullying, yang dapat dilihat dari kurangnya kesadaran dan pemahaman, serta sikap siswa-siswi yang cenderung sering merendahkan sesama. Sehingga, salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah bullying adalah melakukan sosialisasi, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu tindakan yang preventif untuk memberdayakan siswa, guru, tenaga kependidikan dan peran orangtua dalam mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah.

Sosialisasi anti bullying ini melibatkan serangkaian kegiatan edukatif, sharing pengalaman, tanya jawab dan kampanye visual yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak negatif dari perilaku bullying. Salah satu komitmen dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan atmosfer yang inklusif dan mendukung, di mana setiap individu merasa dihargai dan aman yaitu dengan melakukan sosialisasi, dimana kegiatan ini juga memberikan pelajaran secara praktik kampanye khususnya bidang kehumasan kepada mahasiswa Prodi Humas & Komunikasi Digital yang didampingi oleh Muria Putriana, S.A.P, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Kampanye Humas sekaligus pembicara dalam Sosialiasi Anti Bullying: Bersama Lawan Bullying untuk Lingkungan Sekolah yang Lebih Aman di SMP dan SMA Kapin Jakarta Timur.

Muria Putriana, S.A.P, M.Pd menegaskan bahwa perlu nya kepedulian serta pelatihan para pengajar dan tenaga kependidikan dalam mengidentifikasi secara cepat, dan tanggap menanggapi kasus bullying dan harus bisa memastikan bahwa aturan-aturan yang telah disepakati oleh pihak sekolah dapat dijalankan sesuai fungsinya serta memahami peran penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dari bullying.

Adapun partispasi aktif dari lingkungan keluarga yaitu peran orang tua untuk menciptakan dukungan yang lebih luas. Melalui kegiatan sosialisasi yang dikaji dalam bidang kehumasan dapat berperan penting dalam membangun persepsi positif juga melibatkan dukungan masyarakat terhadap upaya pencegahan bullying agar menciptakan budaya yang lebih peduli dan inklusif.

Pada bidang kehumasan kegiatan sosialisasi harus melibatkan strategi komunikasi yang efektif untuk menyebarkan pesan positif dan mendorong partisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman serta melakukan kampanye pada media sosial yaitu dengan menggunakan platform media sosial untuk menyebarkan informasi, cerita inspiratif, dan poster yang mendukung pesan anti-bullying dan melibatkan partisipasi masyarakat dengan menggunakan tagar khusus dan mengajak berbagi pengalaman atau pendapat mereka.

Diharapkan, sosialisasi anti bullying ini dapat meningkatkan kesadaran para siswa siswi di tingkat sekolah menengah pertama dan tingkat menengah atas terhadap dampak yang ditimbulkan bullying baik secara fisik maupun psikologis, meningkatnya rasa kepedulian dari lingkungan sekolah serta lingkungan keluarga dalam upaya pencegahan bullying. Kegiatan Sosialisasi ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Muria Putriana S.A.P., M.Pd kepada Kepala Sekolah SMP Kapin Jakarta Timur dan Foto Bersama. (MP)

Upcoming Event

Sosial Media

Kontak

Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta Gd. K. Kampus UNJ, Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur

Telp. (021)4890108, 4753655, Fax (021)4753655

Email : HumasKomunikasiDigital@unj.ac.id

Hak Cipta © 2024. Prodi Humas dan Komunikasi Digital – Universitas Negeri Jakarta